Ratusan Warga Tala Saksikan Wayang Kulit Banjar di Taman Pasar Lawas Pelaihari

Banuaterkini.com - Minggu, 11 Desember 2022 | 21:50 WIB

Post View : 69

Bupati Tanah Laut HM Sukamta menyerahkan wayang kepada Dalang Upik dari Barikin, Hulu Sungai Tengah, sebagai tanda dimulainya pertunjukan wayang kulit Banjar dengan lakon "Hayam di Tangan Disambar Halang". Foto: Banuaterkini/Annisa.

Laporan: Annisa Maulidah l Editor: Ari Cahyadi

Ratusan Tanah Laut (Tala) memadati panggung utama Ruang Terbuka Taman Pasar Lawas Pelaihari untuk menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit Banjar semalam suntuk, Sabtu (10/12/2022) malam.

Pelaihari, Banuaterkini.com - Pantauan Banuaterkini.com terlihat para warga cukup antusias menyaksikan pertunjukan seni wayang kulit Banjar.

Penonton didominasi generasi milenial, tampak pula sejumlah pria dan wanita yang membawa serta anak-anaknya. Kebanyakan bahkan hadir lebih awal memenuhi kursi yang tersedia sebelum pertunjukan dimulai.

Pertunjukan wayang dibawakan Dalang Upik dari Barikin, Hulu Sungai Tengah, dengan lakon "Hayam di Tangan Disambar Halang".

Sejumlah warga yang dijumpati media ini mengaku penasaran dengan pertunjukan wayang kulit apalagi wayang kulit Banjar. Pasalnya, pertunjukan seperti wayang kulit Banjar memang jarang dilihat warga, sehingga ketika ada informasi akan ada pertunjukan wayang kulit Banjar, masyarakat ramai-ramai datang menonton.

Ratusan warga dari berbagai wilayah di Tanah Laut memadati Taman Ruang Terbuka Pasar Lawas Pelaihari untuk menyaksikan pertunjukan wayang Banjar dengan judul "Hayam di Tangan Disambar Halang". Foto: Banuaterkini/Annisa.

Menurut Linda, asal Sungai Riam, dirinya cukup menikmati jalannya pertunjukan wayang, sebab cerita cukup menarik dan menggelitik lantaran disampaikan dalam bahasa Banjar, sehingga memudahkan penonton mencerna alur ceritanya. Itulah yang membuat mereka betah menyimak sampai akhir pertunjukan.

“Saya baru pertama kali menyaksikan wayang kulit Banjar secara langsung. Senang bisa melihat kesenian Banjar yang satu ini, mudahan-mudahan pertunjukan wayang kulit banjar ini sering-sering diadakan,” harap Linda.

Ungkapan senada juga disampaiakn Maulida, warga Pabahanan. Menurutnya, pertunjukkan wayang kulit Banjar cukup seru dan menarik untuk ditonton.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?