Pemkab Gumas Gelar Ekspos Awal Kajian Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif

Banuaterkini.com - Rabu, 14 Juni 2023 | 17:10 WIB

Post View : 16

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Gumas Richard melalui Asisten I Setda Gunung Mas Lurand (tengah), didampingi Kepala Bappedalitbang Yantrio Aulia dan Ketua Umum Seknas Jimka MS Shiddiq, saat memberikan sambutan pada acara Seminar Awal Kajian Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif di Kabupaten Gunung Mas, Rabu (16/06/2023). Foto: BANUATERKINI/Syauqi Azmi.

Laporan: Syauqi Azmi l Editor: Ghazali Rahman

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) setempat menggelar Seminar awal penyusunan kajian pengembangan usaha mikro kecil dan menenngah (UMKM) berbasis ekonomi kreatif, Rabu (14/06/2023).

Kuala Kurun, Banuaterkini.com - Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Gumas Richard melalui Asisten I Setda Gunung Mas Lurand, mengatakan UMKM memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi nasional.

UMKM, kata Lurand, berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Selain itu, UMKM juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan.

Keberadaan sektor UMKM bukan hanya dianggap sebagai tempat penampungan sementara bagi para pekerja yang belum masuk ke sektor formal, tetapi juga sebagai motor pertumbuhan aktivitas ekonomi.

“Hal ini dikarenakan jumlah penyerapan tenaga kerjanya yang demikian besar. Mengingat pengalaman yang telah dihadapi oleh Indonesia selama krisis ekonomi, kiranya tidak berlebihan apabila pengembangan sektor swasta difokuskan pada UMKM,” kata dia saat memberikan kan sambutan, dikutip Banuaterkini.com, Rabu (16/06/2023).

Ia juga menerangkan, bahwa beberapa permasalahan yang dihadapi UMKM kreatif diantara lain yaitu permasalahan permodalan yang terbatas, bahan baku dan penggunaan peralatan produksi yang sederhana. 

Selain itu, lanjut dia, media pemasaran masih sangat terbatas karena belum adanya sentra UMKM, biaya transaksi yang cukup banyak, tenaga kerja yang kurang terampil, dan masalah pendaftaran hak cipta mereka.

Dengan adanya permasalahan tersebut, maka pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif perlu mendapatkan perhatian yang besar baik dari pemerintah atau dinas terkait maupun masyarakat agar dapat berkembang lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?