Home » Kolom

Catatan Kecil Ridwan Kamil untuk Eril, Kapan Kita Pulang?

Redaksi - Selasa, 7 Juni 2022 | 10:33 WIB

Post View : 5


Oleh: Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. 

Sedih, haru, tangis tak bisa dibendung. Begitulah peristiwa ditinggalkan oleh orang yang paling disayang. Apalagi jika ditinggalkan untuk selama-lamanya. Peristiwa duka yang dialami keluarga besar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang kehilangan putra sulungnya, Emmeril Khan Mumtadz (Eril) dituangkan dengan narasi yang sangat menyentuh, bahwa kita semua pasti akan pulang, menghadap-Nya.  

Kisah tentang Eril, anak lelaki kesayangan kami. hakekatnya adalah cerita tentang kita semua. Hakekat bahwa semua dari kita, pasti akan pulang. Dengan waktu, tempat dan cara yang kita tidak akan pernah selalu tahu.

Hidup di dunia ini sesungguhnya adalah tentang perjalanan bukan tujuan. Dan seperti cerita setiap perjalanan, kisah selalu dimulai dari sebuah titik awal. Dan kisah akan selesai di sebuah titik akhir. Dan untuk setiap yang datang, pasti akan ada saatnya untuk kembali pulang.

Agar perjalanan selamat, maka petunjuk jalan dan bekalnya harus kita siapkan. Petunjuk jalan adalah keimanan. Bekal perjalanan adalah anafauhum linnas, yaitu tas berisi pahala amal-amal kebaikan kita.

Itulah hakekat cerita Ananda Eril.

Kami sekeluarga sudah mengikhlaskan, bahwa sesungguhnya ia sudah selesai dengan perjalanannya. Paripurna hidupnya dengan segala amalnya. Ia berpulang kepada pemilik sesungguhnya sesuai jadwalnya.

Jadwal yang sudah tertulis di kitab takdir Allah yaitu Lauhul Mahfudz.

Seandainya kami bisa bertukar tempat. Seandainya. Pastilah itu yang setiap orang tua akan lakukan.

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev