Hadapi El Nino, Kalsel Juga Siap Jadi Penyangga Pangan Nasional

Banuaterkini.com - Rabu, 19 Juli 2023 | 13:52 WIB

Post View : 12

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor saat melaksanakan panen di wilayah Daha Utara, Hulu Sungai Selatan. Foto: BANUATERKINI/Wasaka.kalselprov.go.id

Laporan: Ahmad Kusairi l Editor: Ghazali Rahman

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyatakan kesiapannya sebagai salah satu penyangga pangan nasional untuk menghadapi ancaman efek domino iklim El Nino. 

Banjarbaru, Banuaterkini.com - Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor melalui Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel H. Syamsir Rahman menyebut ketahanan pangan di Kalsel dipredikasi mampu surplus padi atau produksi berlebih pada 2023 ini.

Oleh sebab itu, kata Syamsir Rahman, Rabu (19/07/2023) menegaskan, Kalsel juga sangat siap menghadapi salah satu fenomema alam yaitu El Nino.  

Sebelumnya, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian tengah menyiapkan sejumlah antisipasi menghadapi dampak kenaikan suhu permukaan laut, El Nino.

Menurut Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, setidaknya 70 ribu hektar lahan pertanian di tanah air yang akan terkena imbah anomali kenaikan suhu permukaan laut tersebut. 

Meskipun demikian, Syharul meyakini bahwa El Nino tidak akan membuat Indonesia mengalami kelangkaan pangan.

Sebab, kata Mentan, Indonesia memiliki stok pertamanan di atas 10 juta hektar. Sehingga, jika ada permasalahan pada 7o ribu hektar tidak akan berimbas pada ketersediaan pangan nasional.

"Dari kondisi yang ada begini, saya punya pertamanan di atas 10 juta hektare. Yang kita anggap bersoal sampai hari ini cuma 70 ribu hektare. Dari 10 juta. Katakanlah imbas El Nino sampai saat ini cuma 70 ribu ," kata Syahrul usai mengitui Rapat Terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi di Istana Negara, Selasa (18/07/2023).

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev