RANS303 INDOSEVEN RANS303

Perbaiki Akreditasi Pasca Skandal Guru Besar, Ini yang Akan Dilakukan ULM

Redaksi - Senin, 30 September 2024 | 10:13 WIB

Post View : 36

ULM bersiap melakukan langkah-langkah perbaikan akreditasi pasca skandal guru besar yang menurunkan akreditasi ULM jadi C.(BANUATERKINI/Sayri)

Meski terjadi penurunan akreditasi, BAN-PT tetap memberikan kesempatan bagi ULM untuk memperbaiki status akreditasinya dengan mengajukan ulang paling lambat hingga 19 November 2024.

Ini menjadi kesempatan bagi ULM untuk menunjukkan upaya perbaikan yang serius.

Menanggapi hal ini, Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM, Iwan Aflanie, menyatakan bahwa pihak universitas langsung membentuk tim khusus untuk mempercepat pemulihan akreditasi.

“Kami sudah menerima surat dari BAN-PT dan segera membentuk tim Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT). Langkah ini akan diiringi dengan pembenahan pedoman dan SOP yang berlaku di universitas,” ungkap Iwan dalam keterangannya kepada Tempo, Jumat (27/09/2024).

Iwan juga menegaskan bahwa ULM sedang bekerja keras untuk memberantas praktik mafia guru besar yang disinyalir terjadi di lingkungannya.

Investigasi terkait kasus rekayasa pengajuan jabatan guru besar sedang dilakukan, sekaligus memperbaiki proses manajemen mutu di tingkat fakultas dan universitas.

“Kami akan memperbaiki seluruh sistem dan struktur agar ke depannya sesuai dengan standar BAN-PT,” ujar Iwan.

Langkah-langkah yang dilakukan ULM mencakup pembenahan SOP, penguatan siklus PPEPP, hingga pembentukan komite etika publikasi ilmiah.

Hal ini bertujuan memastikan tidak terulangnya kasus rekayasa ilmiah yang pernah terjadi, seperti dilaporkan Majalah Tempo, di mana 11 dosen Fakultas Hukum ULM diduga mengirimkan artikel ilmiah ke jurnal predator demi memenuhi syarat pengajuan guru besar.

Dengan tenggat waktu yang diberikan hingga November 2024, ULM memiliki kesempatan untuk memperbaiki semua kekurangan yang terdeteksi.

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev