Walhi Kalsel Bagikan Teknik Lakukan Advokasi kepada Mahasiswa FISIP Uniska MAB

Banuaterkini.com - Senin, 8 Januari 2024 | 06:52 WIB

Post View : 34

Direktur Eksekutif Walhi Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono, saat menjadi pembicara pada kegiatan kuliah umum Komunikasi dan Advokasi Kebijakan di FISIP Uniska MAB. Foto: BANUATERKINI/Sayri.

Laporan: Dimas

Untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman praktis mengenai cara melakukan advokasi kebijakan, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalsel membagikan sejumlah strategi dan trik mengenai bagaimana sebaiknya melakukan advokasi kebijakan kepada mahasiwa.

Banjarmasin, Banuaterkini.com - Hal itu terungkap dalam acara Kuliah Umum Mata Kuliah Komunikasi dan Advokasi Kebijakan yang digelar berkat kerjasama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari (MAB) dengan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalsel, Sabtu (06/01/2024).

Pada kegiatan tersebut hadir sebagai pembicara Direktur Eksekutif Walhi Kalsel, Kisworo Dwi Cahyo dan Dr Murjani.

Dalam paparannya Kisworo yang dikenal sangat concern melakukan advokasi dan pendampingan dalam kasus-kasus pelanggaran atau ketidakadilan yang dihadapi masyarakat sipil menegaskan, modal utama untuk melakukan advokasi adalah keberanian.

"Tetapi, berani saja tidak cukup. Harus ada pengetahuan, strategi dan cara-caranya agar tidak dipersalahkan saat melakukan kritik pada kebijakan yang dianggap bertentangan dan merugikan masyarakat," ujar aktivis berambung gondrong itu.

Ia juga menyampaikan, bahwa dia bersama aktivis Walhi tak henti-hentinya mengkampnyekan kepada Pemerintah dan para pemangku kebijakan agar dapat membuat kebijakan yang tidak merugikan rakyat.

"Saat ada kebijakan yang kita nilai bertentangan dengan kepentingan rakyat banyak, apalagi ada regulasi yang diterabas, di situlah perlunya advokasi ," ujar Cak Kis.

Dikatakan Cak Kiss, di sinilah kerja advokasi harus muncul dan memberi arti dalam membela rakyat dan lingkungan yang terancam musnah oleh serakahnya kuasa modal dan kuasa kebijakan.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?