Mahasiswa Ilkom Uniska Banjarbaru Bakal Gelar Sosialisasi Cara Hadapi Hoaks di Medsos

Banuaterkini.com - Kamis, 23 November 2023 | 15:50 WIB

Post View : 54

Kelompok mahasiswa Ilkom FISIP Uniska Banjarbaru yang menamkan diri mereka Kombes (Komunikasi Vibes) saat rapat persiapan kegiatan sosialisasi cara menghadapi hoaks. Foto: BANUATERKINI/Dinda.

Laporan: Dinda Poetri Rahmawati

Puluhan mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom) FISIP Universitas Islam Kalimantan (Uniska) persiapkan rencana sosialisasi terkait cara menghadapi gempuran hoaks di media sosial.

Banjabaru, Banuaterkini.com - Hal itu diungkapkan koordinator kelompok mahasiswa, Hanan Latifah, di selsa kegiatan persiapan pelaksanaan sosialisasi cara menghadapi hoaks di media sosial, di Banjarbaru, Kamis (23/11/2023).  

Kegiatan sosialisasi yang mengusung tema "Meningkatkan Literasi Digital untuk Memerangi Penyebaran Hoax" dan digagas oleh mahasiswa semester 5 prodi Ilkom FISIP Uniska itu, rencananya akan digelar pada 28 November mendatang di SMPN 2 Banjarbaru.

Literasi digital perlu diperbanyak untuk mengantisipasi penyebaran hoaks yang merajalela. Foto: BANUATERKINI/Mardanudin.com.

Kelompok mahasiswa yang menamakan diri mereka 'KOMBES' yang merupakan akronim dari Komunikasi Vibes itu, mengaku cukup prihatin dengan banyaknya penyebaran hoaks dewasa ini.

Oleh sebab itu, kata Hanan, dirinya bersama 15 orang rekan mahasiswa seangkatannya, tengah sibuk mempersiapkan kegiatan sosialisasi yang bakal diikuti sekitar 270 peserta dari kalangan pelajar SMPN 2 Banjabaru.

"Ini sebenarnya tugas mata kuliah Komunikasi Pembangunan, yang mengharuskan kami tutun lapangan untuk mempraktekan ilmu yang kami peroleh di kelas," ungkap Hanan kepada kontributor Banuaterkini.com, Dinda Poetri Rahmawati.

Tetapi, lanjut Hanan, lebih dari sekedar aplikasi ilmu komunikasi yang sudah diterimanya di kampus, tetapi sebagai bentuk tanggung jawab moral juga kepada generasi muda untuk bisa memahami apa itu hoaks dan bagaimana cara menghindarinya.

"Tujuan kegiatan ini utamanya adalah untuk menyadarkan generasi muda akan pentingnya literasi digital dalam mengidentifikasi dan menghindari hoax di era informasi digital," imbunya.

Foto aktivitas pelajar SMPN 2 Banjarbaru yang menjadi target sosialisasi anti hoaks. Foto: BANUATERKINI/Dinda.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?