DPR Minta Menteri Pendidikan ‘Turun Gunung’ Sikapi Permasalahan Pendidikan Tinggi

Redaksi - Kamis, 11 Mei 2023 | 21:37 WIB

Post View : 45

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih. Foto: BANUATERKINI/dpr.og.id/Dep/nr

Laporan: Indra SN l Editor: Ghazali Rahman

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih meminta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim untuk 'turun gunung' menyikapi banyaknya permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan tinggi.

Jakarta, Banuaterkini.com - Menurut Fikri Faqih Mendikbudristek harus lebih sering berkomunikasi dan berkoordinasi langsung dengan kampus dan pelaku pendidikan tinggi, agar bisa mendapatkan informasi lebih detail terkait permasalahan terkini yang mendera sektor pendidikan tinggi di tanah air.  

“Terkadang permasalahan di lapangan tidak dapat tergambar dari data-data teknis yang disampaikan oleh pejabat di bawah, maka pemimpin perlu turun langsung untuk melihatnya,” kata Fikri Faqih melalui siaran pers yang diterima Parlementaria di Jakarta, pada Rabu (10/05/2023).

Fikri menyampaikan hal itu usai menerima banyak masukan dari kolega di perguruan tinggi yang terdiri atas para rektor PTS, PTN, maupun pengamat Pendidikan atas maraknya permasalahan di kampus-kampus tanah air.  

“Salah satunya masukan agar mas Menteri lebih sering ‘turba’, turun ke bawah mengunjungi kampus-kampus, baik negeri maupun swasta,” ujar Politisi Fraksi PKS ini, dikutip Banuaterkini.com, Kamis (11/05/2023).

Saat ini, lanjut Fikir, terdapat beberapa polemik yang mencuat terkait dunia pendidikan tinggi di Indonesia.

Salah satunya adalah soal evaluasi pelaksanaan PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum) di sebelas universitas.

Beberapa pihak menilai, ujarnya, PTN-BH minim kontrol dari pemerintah, baik secara pengelolaan keuangan, maupun penerimaan mahasiswa.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev