Paman Birin Harapkan UMKM Kalsel Naik Kelas dengan Memanfaatkan Teknologi Digital

Banuaterkini.com - Minggu, 5 Maret 2023 | 06:56 WIB

Post View : 28

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar (paling kiri) bersama Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Kalsel, Sulaimansyah mengikuti Funwalk di kawasan Siring Nol Kilometer, Banjarmasin, Sabtu (04/03/2023). Foto: Juns/Misbad

"Kiranya momen ini dapat menjadi inspirasi dan penggugah semangat bagi setiap Insan perbendaharaan, untuk menguatkan tugas dan fungsinya serta kiprah yang terbaik bagi Bangsa dan Negara ini," harap Paman Birin.

Gubernur juga menyampaikan apresiasi pada Kanwil Perbendaharaan Kalsel yang sudah memiliki kepedulian dan memberikan dukungan terhadap pemberdayaan UMKM di Banua. 

"Saya juga menyampaikan apresiasi pada Kanwil Perbendaharaan Kalsel atas terselenggaranya kegiatan ini yang merupakan bentuk dukungan terhadap Pemberdayaan UMKM di Kalsel. Masa transisi Pandemi menjadi Endemi kiranya dapat kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya, yakni sebagai momentum untuk memudahkan pelaku UMKM dalam menjangkau lebih banyak konsumen ditengah peningkatan mobilitas masyarakat,” ungkap Sahbirin. 

Gubernur berharap, UMKM Expo yang diselenggarakan dapat menjadi sarana pengenalan produk-produk UMKM Banua kepada masyarakat luas. 

Sementara itu, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalsel, Sulaimansyah menegaskan, mulai tahun ini pihaknya mulai mengembangkan peran Kanwil Perbendaharaan sebagai Regional Chief Economist (Ekonom Kepala Daerah).

Dikatakannya, sebagai Ekonom Kepala Daerah, pihaknya memiliki tugas baru lagi, yaitu bagaimana berkontribusi dalam pembangunan. Salah satunya adalah seperti pemberdayaan UMKM yang dilakukan sekarang.

Sebelumnya, lanjut Sulaimansyah, tugas dan fungsi lebih banyak untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR), termasuk pembiayaan ultra mikro (UMI).

“Kalau KUR sudah familiar semuanya. Mungkin yang saya perkenalkan adalah ultra mikro," ujarnya

Jadi, imbuhnya, UMKM dapat memanfaatkan seluas-luasnya fasilitas KUR. Jika nasabah mampu memenuhi persyaratan dari bank atau istilahnya bankable, maka kalangan UMKM dapat memanfaatkan pinjaman melalui KUR yang disediakan pebankan.

Tapi. lanjutnya, ketika nasabah UMKM tidak bankabel, maka mereka bisa memanfaatkan pembiayaan ultra mikro.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev