Pemko Perlu Optimalkan Teknologi Digital Promosikan Pariwisata Banjarmasin

Banuaterkini.com - Kamis, 10 Agustus 2023 | 18:11 WIB

Post View : 31

Dr Ellyn Normaleni (kiri), MS Shiddiq, Ph.D (tengah) menyampaikan pentingnya Pemko Banjarmasin memaksimalkan teknologi digital untuk promosi wisata di Kota Banjarmasin. Foto: BANUATERKINI/A. Sayri.

Laporan: Ahmad Kusairi l Editor: Ghazali Rahman

Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin perlu memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital untuk mempromosikan berbagai objek wisata yang tersebar di seluruh wilayah Kota Banjarmasin.

Banjarmasin, Banuaterkini.com - Peneliti dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Ellyn Normaleni, menyampaikan penilaian tersebut berdasarkan hasil kajian yang dilakukannya bersama sejumlah penelitian lain selama lebih kurang delapan pekan di Banjarmasin.

"Masih banyak warga Banjarmasin yang tidak tahu ada objek wisata yang bagus-bagus di daerahnya," kata Dr Ellyn Normaleni saat menyampaikan ekspos akhir kajian Cluster-cluster di Kota Banjarmasin Menuju Wisata Tematik, Rabu (09/08/2023) pagi.

Dikatakan Ellyn, secara umum hasil penelitiannya menemukan banyak warga hanya tahu objek wisata populer saja. Padahal banyak sekali objek wisata yang menarik dan menantang, tapi banyak tidak tahu karena minimnya promosi dan informasi.

"Umumnya wisatawan baik yang berasal dari Banjarmasin sendiri maupun kota-kota lain di Kalsel maupun luar Kalimantan taunya objek wisata Siring Km 0, Menara Pandang, Masjid Jami Sungai Jingah, Masjid Sultan Suriansyah, Makam Sultan Suriansyah, dan beberapa lainnya. 

Padahal, kata dia, ada objek wisata lainnya seperti Sungai Duyung yang eksotis, yang hingga kini kurang banyak yang tahu.

Disebutkannya, Sungai Duyung memiliki keunikan sendiri karena sungai yang berbeda dari sungai lain yang ada di Kota Banjarmasin.

"Sungai ini sangat terawat dan diperihatikan masyarakat sekitar sungai, sehingga sungai ini banyak di gunakan masyarakat sebagai tempat hiburan seperti sepeda air dan berenang. Pemandangan sunset atau saat matahari terbenam juga sangat indah," ungkap Ellyn lagi.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev