Soal Pemekaran Kabupaten Gambut Raya, Shiddiq: Kami Terus Berproses secara Terukur

Banuaterkini.com - Minggu, 27 Agustus 2023 | 19:08 WIB

Post View : 166

Ketua Harian Panitia Pemekaran Kabupaten Gambut Raya, MS Shiddiq PhD . Foto: BANUATERKINI/Sayri.

Laporan: Ahmad Kusairi l Editor: Ghazali Rahman

Ketua Harian Panitia Pemekaran Kabupaten Gambut Raya, MS Shiddiq menegaskan bahwa pihak terus mempersiapkan segala persyaratan untuk menyambut dibukanya moratorium pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) oleh Pemerintah Pusat, sesuai ketentuan perundangan secara terukur. 

Banjarmasin, Banuaterkini.com - Penegasan Shiddiq tersebut menjawab pertanyaan sejumlah wartawan terkait mulai meredupnya isu mengenai pemekaran Kabupaten Gambut Raya.

Untuk diketahui, ada enam kecamatan yang tergabung dalam wilayah administratif DOB Kabupaten Gambut Raya, yaitu Kecamatan Kertak Hanyar, Sungai Tabuk, Gambut, Tatak Makmur, Beruntung Baru dan Aluh-aluh.

Menurut Shiddiq, dirinya sesuai amanah dari Ketua Umum Panitia Pemekaran Kabupaten Gambut Raya H Supian HK bersama seluruh Panitia Pemekaran secara simultan melakukan konsolidasi dengan seluruh elemen masyarakat di 6 wilayah Kecamatan yang tergabung.

"Artinya, proses terus kami jalakan sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku, dan kami juga tidak ingin tergesa-gesa, supaya seluruh persyaratan dipersiapkan secara terukur sebagaimana diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014," ujar Ketua Umum Jaringan Intelektual Muda Kalimantan (JIMKA) ini, kepada sejumlah wartawan, Sabtu (26/08/2023).

Dikatakan pria asal Desa Tambak Sirang Baru, Kecamatan Gambut  yang kini bermukim di Jakarta itu, jika mengacu ketentuan yang dipersyaratkan peraturan perundangan, baik secara administratif kelengkapan persyaratan sudah mencapai lebih dari 85 persen.

Suasana Rapat Panitia Pemekaran Kabupaten Gambut Raya dihadiri Ketua Umum H Supian HK dan Penasehat, H Suripno Syumas, Wakil Ketua I MS Shiddiq, Ketua II HM Yunani, Ketua III Gt Abidinsyah, Sekretaris Aspihani Ideris dan Bendahara Hj Andi Neni. Foto: BANUATERKINI/Dok. Gambut Raya.

Sedangkan kelengkapan lainnya yang dipersyaratkan seperti persyaratan teknis dan persyaratan fisik sebagaimana ketentuan, semuanya sudah terpenuhi.

"Jadi, secara umum, pemekaran Kabupaten Gambut Raya itu sudah ada di depan mata, dan tinggal tunggu melengkap persyaratan administratif saja lagi, termasuk dukungan dari para Kepala Desa dan Ketua BPD hingga persetujuan Bupati dan DPRD dari kabupaten induk yaitu Kabupaten Banjar," ungkapnya.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?