Kemitraan Prihatin Kekerasan pada Perempuan Masih Banyak terjadi di Indonesia

Banuaterkini.com - Sabtu, 11 Mei 2024 | 13:29 WIB

Post View : 12

Ilustrasi aktivis perempuan menuntut penghentian tindakan kekerasan pada perempuan. BANUATERKINI/Antara/Humas Kemitraan/Raisan Al Farisi.

Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan, atau Kemitraan menyampaikan keprihatiannya, karena hingga kini masih banyak terjadi tindakan kekerasan terhadap perempuan di Indonesia.

Banuaterkini.com, JAKARTA - Bulan Maret dan April identik dengan perempuan. Hal itu ditandai dengan International Women’s Day yang diperingati setiap tanggal 8 Maret dan Hari Kartini di tanggal 21 April.

Kedua momen itu menjadi tonggak sejarah bagi perempuan di dunia dan Indonesia untuk berjuang mewujdukan kesetaraan gender.

Kendati International Women’s Day dan Hari Kartini sudah berulang kali diperingati, perempuan masih saja menjadi korban kekerasan di masyarakat.

Komnas Perempuan menyebutkan terdapat 289.111 kasus kekerasan yang menimpa perempuan pada tahun 2023. Adapun jumlah kekerasan terhadap perempuan di ranah publik meningkat 44 persen.

Diikuti kekerasan terhadap perempuan di ranah negara yang meningkat drastis sebanyak 176 persen. Kekerasan terhadap perempuan di ranah negara meliputi penggusuran paksa, kekerasan oleh aparatus negara, dan hal serupa yang lainnya.

"Untuk itu Kemitraan turut berkontribusi dalam memperjuangkan hak-hak perempuan. Salah satunya melalui program Estungkara yang berupaya mewujudkan kesetaraan gender untuk perempuan adat yang hak dan kedudukannya kini tercerabut. Padahal sejatinya perempuan adat memiliki peran strategis seperti mengelola pangan di komunitasnya," kata Direktur Eksekutif Kemitraan, Laode M Syarif, dalam keterangannya, Sabtu (11/05/2024).

Melalui program Estungkara pula, kata Laode, Kemitraan mendampingi perempuan adat dalam memenuhi kebutuhan layanan dasar seperti kependudukan dan kesehatan.

"Selain itu Kemitraan juga memberdayakan perempuan adat agar mandiri secara ekonomi," ujarnya.

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev