RANS303 INDOSEVEN RANS303

Tips Sehat dengan Jalan Kaki, Ini Keuntungannya

Redaksi - Minggu, 30 Juni 2024 | 22:02 WIB

Post View : 23

Jalan sehat dapat dilakukan di mana saja termasuk di kawasan Citraland Banjarmasin. BANUATERKINI/Banjarmasin Post/Nina

Belakangan ini ramai di media sosial diberitakan, banyak generasi muda yang ternyata menderita penyakit diabetes.  Apa penyebabnya?

Banuaterkini.com, BANJARMASIN  - Diabetes adalah penyakit kronis yang semakin banyak menyerang generasi muda di seluruh dunia.

Menurut ahli kesehatan, ada beberapa faktor penyebab utama yang berkontribusi terhadap meningkatnya kasus diabetes pada generasi muda

Salah satunya adalah karena kebiasaan generasi muda yang suka makan makanan cepat saji, tinggi gula dan tinggi lemak.

"Generasi muda saat ini cenderung mengonsumsi makanan cepat saji, tinggi gula, dan tinggi lemak. Pola makan yang tidak sehat ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang berlebihan dan resistensi insulin, yang akhirnya dapat memicu diabetes tipe 2", kata ahli gizi, dr. Rina Wijayanti. 

Menurut Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Budi Santoso, selain suka makan junk food, penyebab merebaknya diabet di kalangan muda adalah karena kurangnya aktivitas fisik.

"Gaya hidup yang lebih banyak duduk, terutama dengan adanya teknologi dan perangkat elektronik, mengurangi jumlah kalori yang terbakar dan berkontribusi pada peningkatan berat badan serta penurunan sensitivitas insulin," ujar dr Budi Santoso.

Lalu, apa olahraga yang aman dan bisa meminimalisir terjadinya diabet? Bagi penderita diabetes, olahraga merupakan salah satu komponen penting dalam pengelolaan penyakit ini.

Olahraga bisa membantu mengontrol kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menjaga berat badan ideal.

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev