Belajar Tata Kelola Lab Bahan Konstruksi, Dinas PUPR Kota Bogor Kunjungi PUPR Kalsel

Banuaterkini.com - Sabtu, 12 November 2022 | 22:25 WIB

Post View : 55

Plt Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, M Nursjamsi, S.Pi MT., menyerahkan cinderamata kepada perwakilan rombongan Dinas PUPR Kota Bogor. Foto: Akun @DinasPUPRKalsel/Misbab.

Laporan: Misbad l Editor: DR MDQ

Untuk memperdalam pemahaman mengenai teknis pengelolaan laboratorium bahan konstruksi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor melakukan kunjungan ke Laboratorium Bahan Konstruksi Dinas PUPR Kalsel.

Banjarbaru, Banuaterkini.com - Laboratorium Bahan Konstruksi Dinas PUPR Kalsel merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang mempunyai tugas melaksanakan kegiatan teknis operasional di bidang pengujian serta pengendalian mutu serta kualitas struktur.

Pengujian Laboratorium bahan konstruksi merupakan salah satu aspek penting dalam mencapai suatu keberhasilan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan handal. 

"Oleh karena itu, Laboratorium Bahan konstruksi merupakan instrumen utama dalam pengendalian mutu," kata Plt. Sekretaris Dinas PUPR Kalsel M. Nursjamsi saat menerima rombongan Dinas PUPR Kota Bogor  di Aula Besar Dinas PUPR Kalsel. Kamis (11/11/2022).

Rombongan Dinas PUPR Kota Bogor sedang mendengarkan paparan mengenai tata kelola laboratorium bahan konstruksi di Dinas PUPR Kalsel.

Saat itu, Nursjamsi menjelaskan, bahwa tujuan dari Laboratorium  Bahan  Konstruksi, adalah untuk menyediakan pelayanan jasa pengujian  laboratorium. untuk pengujian kualitas bahan konstruksi, kualitas air dan pengujian strukstur konstruksi.

"Manfaat Laboratrorium Bahan Konstruksi sendiri, adalah untuk memberikan kepastian kualitas bahan yang digunakan untuk kegiatan pembagunan infrastruktur, desain campuran, kualitas air dan pengujian atas kualitas struktur konstruksi." lanjut Nursjamsi.

Oleh sebab itu, untuk memberikan kepastian kualitas atas konstruksi yang akan, kata Nursjamsi, sedang dan telah dibangun, maka layanan yang ada pada Laboratorium Bahan Konstruksi harus meliputi beberapa bagian.

Pertama; Bagian Pengujian Bahan Bangunan. Bagian ini, terang Nursjamsi, berfungsi untuk melaksanakan pengujian bahan material seperti beton untuk konstruksi, bahan material untuk campuran aspal, desain campuran beton dan material lainnya yang berkaitan dengan bangunan gedung dan jalan-jalan.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?