Pemkab Kotabaru Sosialisasikan TPTGR dan Tindaklanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI

Banuaterkini.com - Jumat, 7 Juni 2024 | 00:33 WIB

Post View : 2

Sekda Kotabaru Said Akhmad menyerahkan cinderamata kepada Kepala Perwakilan BPK RI Kalsel, Rahmadi. BANUATERKINI/Diskominfo Kotabaru/Aidil.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru melakukan sosialisasi Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TPTGR) dan berkomitmen melakukan Percepatan Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI Semester I Tahun 2024.

Banuaterkini.com, KOTABARU - Hal itu terungkap dalam sambutan Sekretaris Daerah (Sekda) Kotabaru, Said Akhmad pada acara sosialisasi TPTGR dan Percepatan Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI Semester I Tahun 2024, yang digelar di Aula Hotel Ruma, Kotabaru, Rabu (05/06/2024).

Kegiatan yang digelar oleh Inspektorat Kotabaru itu adalah untuk mensosialisasikan proses tuntutan melalui TPTGR bagi bendahara atau pengurus barang dan pegawai negeri sipil (PNS) serta pihak lain yang merugikan keuangan dan barang milik daerah.

Sosialisasi ini dibuka oleh Sekda Kotabaru Said Akhmad dengan dihadiri Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rahmadi,  yang bertindak sebagai narasumber dan TIM tindak lanjut pemeriksaan BPK tahun 2024.

Said Akhmad mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan upaya untuk mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 

Salah satu indikator dari keberhasilan Pemerintah Daerah, kata Said, adalah ditindak lanjutinya hasil pengawasan secara tepat, cepat dan Valid sesuai rekomendasi pemeriksaan dan regulasi batas waktu penyelesaian tindak lanjut hasil pengawasan. 

Said menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini, merupakan bagian dari upaya serius Pemkab kotabaru untuk meningkatkan pembinaan kepada seluruh perangkat daerah.

Di samping untuk meningkatkan persentase penyelesaian rekomendasi hasil pemeriksaan BPK RI, yang mana saat ini masih banyak yang belum tuntas ditindak lanjuti oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Said juga berpesan kepada kepala SKPD Kabupaten Kotabaru yang hadir, agar bisa meningkatkan tata kelola keuangan lebih baik lagi dengan menindak lanjuti temuan dan rekomendasi yang bersifat administrasi atau pun keuangan, melalui tindak lanjut temuan hasil pemeriksaan BPK RI yang dilakukan Inspektur Kabupaten Kotabaru. 

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev