Kendalikan Inflasi, Pemerintah Beri Suntikan Fiskal 33 Daerah di Indonesia

Banuaterkini.com - Rabu, 2 Agustus 2023 | 18:38 WIB

Post View : 25

Pemprov Kalsel saat mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi yang dipimpin Mendagri Tito Karnavian di Jakarta secara daring. Foto: wasaka.kalselprov.go.id

Laporan: Ahmad Kusairi l Editor: Ghazali Rahman

Pemerintah memberikan bantuan fiskal kepada 33 daerah di Indonesia karena dianggap memiliki tingkat kinerja pemerintah daerah terbaik dalam pengendalian inflasi pada Periode I yang mulai Januari hingga Maret 2023. 

Banjarbaru, Banuaterkini.com - Penyerahan bantuan fiskal kepada 24 pemerintah kabupaten, 6 pemerintah kota dan 3 pemerintah provinsi, mengemuka pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi di Jakarta yang dilaksanakan secara daring daring dan luring, Senin (31/08/2023) lalu.

Bantuan diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel yang mengikuti Rakor diwakili oleh Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel Suparmi dari ruang Command Center Kantor Gubernur di Banjarbaru, dan turut dihadiri pejabat BPS dan Bulog Kalsel, serta pengurus Kadin Kalsel.

Adapun Pemerintah Kabupaten yang menerima insentif ini antara lain adalah Aceh Barat, Aceh Besar, Aceh Selatan, Indragiri Riau, Minangin, Banyuasin, Okanilir, Bengkulu Utara, Bekasi, Garut, Pangandaran, Jepara, Serang, Banyuwangi, Sintang, Sukamara, Bangka Tengah, dan Pamuatu.

Sementara Pemerintah Kota yang menerima apresiasi yang sama adalah Langsa, Gunung Sitole, Payakumbuh, Bumai, Bitung, dan Serang. 

Tiga Provinsi penerima bantuan fiskal ini adalah DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, dan Gorontalo.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan, Luky Alfirman menyebutkan, Menteri Keuangan RI telah menerbitkan Peraturan Nomor 67 Tahun 2023 tanggal 5 Juli 2023 tentang Insentif Fiskal untuk Penghargaan Kinerja tahun berjalan pada tahun anggaran 2023.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev