Musim Hujan Datang Omzet Warkop Saijaan Berkurang, Kisah Anzari Berjuang Cari Cuan

Banuaterkini.com - Selasa, 9 Januari 2024 | 06:19 WIB

Post View : 8

Muhammad Anzari alias Aan saat membersamai para pelanggan di Warkop Saijaan miliknya. Foto; BANUATERKINI/Ahim.

Aan menceritakan, semula dirinya tak pernah berfikir membuka usaha warung kopi. Tetapi, lama-kelamaan muncul gagasan membuka usaha warkop dikarenakan dirinya yang memiliki kebiasaan kongkow bersama teman-temannya. 

“Awalnya tidak pernah terpikir untuk membuka warkop, namun saya ini kan anak muda suka nongkrong dan hangout bersama teman-teman. Setelah saya pikir-pikir, kenapa tidak membuka tempat nongkrong sendiri aja. Selain bisa kumpul sama teman-teman juga bisa menghasilkan uang juga,” ungkap Aan. 

Aan rupanya melihat peluang dan pangsa pasar yang bagus di kalangan anak muda kota besar seperti Banjarmasin yang kebanyakan suka nongkrong.

”Saya melihat pasar yang cukup bagus,  di pinggir jalan yang relatif ramai di pusat kota Banjarmasin. Cukup menjanjikan. Target saya tentu para pemuda dan pekerja,” lanjut Aan.

Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan efektif untuk menarik pelanggan datang ke kedai kopi yang dikelolanya, yakni satu gelas kopi susu seharga Rp 5.000.

Selain kopi, kedai Saijaan ini juga menyediakan berbagai menu minuman dan makanan ringan, termasuk mie instan dengan harga yang terjangkau.

Meski relatif bisnis warkop cukup menjanjikan, tetapi jenis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) seperti yang dijalani Aan bersama rekannya, bukan tanpa tantangan yang mempengaruhi keberlangsungan bisnisnya. Salah satunya adalah faktor cuaca.

Aan mengaku saat cuaca di Kota Banjarmasin stabil saat sore hingga malam hari, Warkop Saijaan ramai dipenuhi pengunjung. Tentu, ini berpengaruh pada omzetnya di hari itu.

Tetapi, menurut Aan saat cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, terkadang hujan datang tiba-tiba, usaha yang digelutinya juga mengalami penurunan pendapatan.

“Di saat kami membuka usaha ini di tengah cuaca yang sering hujan. Kendalanya adalah pengunjung yang datang jadi lebih sedikit,” tuturnya.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev