Prof Rudi: Birokrasi Tak Sekedar Melayani Tapi Memberdayakan

Banuaterkini.com - Selasa, 19 Desember 2023 | 21:01 WIB

Post View : 28

Para pembicara Prof Rudi Handoko, MS Shiddiq Ph.D, Prof Agus Sholahuddin, Dr Abdul Rofik yang tampil mengupas masalah Kewirausahaan Birokrasi di UWGM Samarinda, Senin. Foto: BANUATERKINI/Masri.

Laporan: Masri

Menurut Prof V Rudi Handoko, tugas utama birokrasi itu tidak sekedar melayani masyarakat, tetapi melakukan proses pemberdayaan agar masyarakat memiliki kemampuan melayani dirinya sendiri dan terlibat langsung dalam proses pembangunan.

Samarinda, Banuaterkini.com - Guru besar ilmu administrasi publik Universitas 17 Agustus Surabaya menyampaikan hal itu dalam sesi diskusi pada acara Seminar Nasional dengan tema "Mewirausahakan Birokrasi" di Universitas Widya Gama Mahakam, Samarinda, Senin (18/12/2023).

"Banyak yang keliru memahami, bahwa tugas birokrasi itu hanya sebagai pelayan masyarakat. Padahal, justru tugas utamanya adalah memberdayakan masyarakat," kata Prof Rudi, Senin.

Dikatakan, kalau tugas birokrat hanya berhenti pada pelayanan, berarti konsep birokrasi kita sangat bergantung pada pasar. 

"Kalau mengandalkan pelayanan, tidak heran jika terjadi disparitas miskin dan kaya. Seperti adagium 'orang miskin dilarang sakit'," ujarnya.

Menggunakan analogi itu, tidak heran jika ada rumah sakit yang tidak mau melayani pasien yang menggunakan kartu BPJS, dengan berbagai macam alasan.  

Sebab, kata dia, harus difahami bahwa setiap komponen masyarakat memiliki kebutuhan dan tingkat pelayanan yang berbeda-beda tergantung pada status sosial masing-masing. 

Artinya, kata dia, jika birokrat hanya mengandalkan strategi memperbaiki pelayanan, maka birokrat tidak bisa memuaskan semua pihak dengan segala keterbatasannya.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?