BNPB Laksanakan Program Peringatan Dini Banjir Berbasis Komunikasi di Kabupaten Banjar

Banuaterkini.com - Selasa, 30 Agustus 2022 | 18:26 WIB

Post View : 36

Bupati Banjar, Saidi Mansyur memberikan plakat berlogo Kabupaten Banjar sebagai kenang-kenangan kepada Direktur Peringatan Dini BNPB Afrial Rosya, Selasa (30/08/22).
images (4)

Reporter: Misbad  Editor: DRM/DQ

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar menyambut gembira Program Nasional sistem peringatan dini banjir berbasis komunikasi yang dilaksanakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) di Kabupaten Banjar. 

Martapura, Banuaterkini.com – Direktur Peringatan Dini BNPB Afrial Rosya menyampaikan rencana pelaksanaan program sistem peringatan dini banjir berbasis komunikasi itu saat lakukan audiensi dengan Bupati Banjar H Saidi Mansyur di Mahligai Sultan Adam Lantai 1 Martapura, Selasa (30/08/22) pagi.


Menurut Afrial Rosya, sistem peringatan dini bencana banjir berbasis komunikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan antisipasi dalam menghadapi ancaman bencana banjir yang setiap tahun terjadi di wilayah tersebut.  

“Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana banjir yang setiap tahun terjadi di Kabupaten Banjar,” ucapnya Afrial.

Kegiatan ini, lanjut Afrial, merupakan stimulan yang diberikan BNPB kepada pemerintah daerah dengan harapan alat atau perangkat ini bisa dikembangkan oleh daerah untuk bisa meningkatkan peringatan dini bencana banjir terutama di daerah tingkat risiko tinggi.

“Akan dilaksanakan dengan dua kali workshop, pada hari ini dan dua hari kedepan serta menetapkan jalur evakuasi masyarakat jika terjadi banjir,” terang dia.


Dikatakannya, pada workshop kedua akan dilakukan gladi dan simulasi penanggulangan bencana dan uji coba perangkat yang sudah dipasang sehingga bukan hanya alat saja yang berfungsi baik, tapi masyarakat juga mumpuni dalam menindaklanjuti peringatan dini oleh perangkat tersebut.

Baca Juga :  Maksimalkan SIPJAKI, PUPR Kalsel Laksanakan Pelatihan bagi Administrator

Afrial berharap pemerintah daerah bisa lebih mengembangkan peralatan-peralatan tersebut dengan melakukan pendampingan dari BNPB.

Untuk Kabupaten Banjar Afrial mengungkapkan peralatan tersebut akan dipasang di Desa Benteng Kecamatan Pengaron dengan jumlah penduduk sekitar 2 ribu jiwa (600 KK).

“Desa Benteng dipilih berdasarkan identifikasi dari BPBD Banjar dan aparatur di tingkat desa, pengembangan bisa dilakukan oleh daerah karena di Pusat Pengendali BPBD sudah menyiapkan slotnya kalau ingin dikembangkan di beberapa titik lainnya,” pungkas Afrial.

Turut hadir pada Audiensi tersebut Dandim 1006 Banjar Imam Muchtarom, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H Masruri, Plt Kepala Pelaksana BPBD Banjar Achmad Norsailah, dan Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Rahmat Kartolo serta sejumlah Kabid Instansi terkait. 

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?