Dorong Pelajar Jadi Kreatif, Mahasiswa FISIP Uniska Beri Motivasi di SMKN 2 Banjarmasin

Redaksi - Kamis, 30 November 2023 | 18:36 WIB

Post View : 47

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Uniska saat memberikan motivasi pada pelajar SMKN 2 Banjarmasin. Foto" BANUATEKRINI/Adinda F/Ilkom.

Laporan: Misransyah Baderun

Di tengah gempuran budaya populer, gelombang budaya Korea dan perkembangan teknologi digital yang cepat, generasi muda terutama pelajar dan mahasiswa perlu mengasah kemampuan personal dan meningkatkan kreatifitas dirinya.

Banjarmasin, Banuaterkini.com - Itulah sebabnya, sejumlah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (FISIP Uniska MAAB) menggelar kegiatan motivasi di SMKN 2 Banjarmasin, Rabu (29/11/2023).

Kegiatan yang bertajuk "Anak Muda Harus Berani Berekspresi, Menciptakan Anak Muda yang Kreatif dan Komunikatif", diikuti 25 orang pelajar SMKN 2 Banjarmasin yang berasal dari kelas 10 berbagai jurusan.

Dimas saat menyampaikan materi soal retorika. Foto: BANUATERKINI/Dinda F/Ilkom FISIP Uniska.

Para pelajar tampak antusias saat Andre, Dimas dan Dinda menyampaikan materi. Ketiga pembicara memaparkan materi yang sangat dekat dengan keseharian dan aktivias para pelajar, mulai bagaimana caranya memanfaatkan media sosial, menjadi konten kreator yang profesional, membangun personal branding hingga teknik-teknik dasar retorika.

Dimas, mahasiswa yang aktif berorgansiasi ini menjelaskan, bahwa retorika adalah seni berbicara atau menyampaikan pandangan dengan tujuan mempengaruhi orang lain. 

Sebab itu, keahlian retorika, menurut Dimas, wajib dimiliki oleh para remaja agar bisa mengkomunikasikan seluruh pesan yang diinginkannya kepara orang lain, misalnya melalui konten media sosial.

Wakil Dekan III FISIP Uniska, Agus Humaidi, menyerahkan kenang-kenangan kepada perwakilan guru SMKN 2 Banjarmasin, Yani Silawati. Foto: BANUATERKINI/Dinda F/Ilkom FISIP Uniska.

Berbeda dengan Dimas, Andre lebih banyak menyoroti pentingnya para remaja membuat personal branding, yaitu menampilkan dirinya dengan persona yang positif, baik dalam kegiatan sehari-hari maupun melalui konten-konten media sosial.

Dikatakan Andre, keahlian 'memoles' persona diri itu adalah kemampuan komunikasi yang perlu terus dilatih secara terus menerus. 

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev