Kado Harjad Kalsel ke-73, Gubernur: Pertumbuhan Ekonomi Stabil dan Positif

Redaksi - Selasa, 15 Agustus 2023 | 17:11 WIB

Post View : 33

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor bersama Wakil Gubernur H Muhidin saat puncak Peringatan Hari Jadi Kalsel k3-73 di Banjarmasin, Selasa (15/08/2023). Foto: BANUATERKINI/Adpim Pemprov Kalsel.

Laporan: Misbad l Editor: Ghazali Rahman

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi di Bumi Lambung Mangkurat cukup stabil dan positif.

Banjarmasin, Banuaterkini.com - Menurut Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel itu, pembangunan Kalimantan Selatan sudah berada di jalur yang benar.

“Kita sedang berada di jalur yang benar dalam membangun Kalsel. Hal ini terbukti dengan pertumbuhan ekonomi daerah kita cukup stabil dan positif, inflasi bisa dikendalikan, umkm sudah semakin pulih dan bangkit pasca pandemi yang lalu," kata Paman Birin pada puncak Peringatan Hari Jadi (Harjad) Provinsi Kalsel ke-73 di Banjarmasin, Selasa (15/08/2023) pagi.

Capaian keberhasilan tersebut, kata Paman Birin, dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi yang stabil dan positif. Kemudian inflasi yang dapat dikendalikan dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencapai 71,84 ditahun 2023.

"Peningkatan indeks pembangunan manusia juga sangat bagus. Kita sudah mampu mencapai angka IPM 71,84 pada tahun 2023 ini,” ungkap Paman Birin.

Dikatakan Paman Birin, dalam kerangka IPM inilah, tercermin keberhasilan dalam membangun sektor pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

Kondisi ini, lanjut dia, juga diberiringan dengan keberhasilan Kalsel dalam percepatan menurunkan angka stunting di berbagai daerah.

Di sisi lain, ujar dia, Kalsel masih surplus dalam urusan produksi beras. Pemprov Kalsel juga sedang berupaya menuju swasembada daging, dengan mengembangkan program "Siska KuIntip, yang menjadi program andalan Kalsel di sektor peternakan.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev